Sabtu, 01 Oktober 2016

Kartu "Daily Expression", Cara Mudah Belajar Ngomong Bahasa Inggris



Berbicara dengan Bahasa Inggris menjadi sebuah keharusan ketika sudah memasuki English Zone. Begitulah aturan yang diterapkan oleh sebagian besar lembaga kursus di Kampung Inggris, Pare-Kediri. Tidak hanya lembaga kursus saja, bahkan hal itu juga berlaku di kos atau camp yang menerapkan aturan English Area. Uniknya lagi ada English Zone yang diterapkan oleh warung makan dan juga pedagang bergerobak. Saya pernah menjumpai salah seorang pedagang keliling dengan tulisan “You can practice English with me.” Bagaimana, keren bukan?

Tak terkecuali, English Area juga diterapkan di lembaga tempat saya mengajar, yaitu Platinum English Clinic yang bertempat di Jalan Brawijaya. Baik member atau tutor ketika sudah memasuki tempat kursus itu harus berbicara dengan Bahasa Inggris. Jika tidak, maka akan mendapat sanksi. 

Daripada harus kena sanksi karena keceplosan berbicara dengan Bahasa Indonesia, maka alangkah baiknya berusaha untuk membiasakan diri menggunakan Bahasa Inggris semampunya. Lalu, bagaimana jika tidak tahu harus ngomong apa?

Setiap member sebenarnya sudah diberikan buku panduan tentang daily ekspression untuk dipelajari. Ketika menghafal ungkapan sehari-sehari yang ada di buku panduan itu terasa sulit, sepertinya cara yang satu ini bisa dicoba, menghafal dengan kartu. Saya targetkan dalam sehari menghafal dua halaman. Jadi ungkapan-ungkapan yang ada di buku panduan tersebut saya pindah ke dalam kartu.

Kartu itu hanya simple saja, terbuat dari kertas karton yang dipotong sekitar ukuran 10 cm x 5 cm. Saya tuliskan daily exspression itu dengan spidol boardmarker. Saya juga menuliskan artinya dalam Bahasa Indonesia di kartu bagian belakang. Dengan kartu-kartu tersebut, bisa menebak baik dari Bahasa Inggris lalu ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya. Kita bisa mengacaknya setiap kali digunakan. Karena sangat praktis, kartu tersebut bisa dipakai sewaktu-sewaktu. Lebih sering kartu itu dimainkan, tentu akan lebih mudah mengingatnya. Apalagi kartu itu ditulis dengan tulisan tangan sendiri. 

Karena gaya belajar saya cenderung ke kinestetik (baca: gaya belajarku), sepertinya ini menjadi salah satu cara menghafal saya yang mudah. Saya yakin setiap dari kita punya cara yang berbeda untuk menghafal. Masing-masing dari kita punya cara atau metode tersendiri. Namun, ketika mengajar saya berupaya untuk berbagi cara ini kepada murid-murid saya. Saya tunjukkan tahap pembuatannya dan juga cara memainkanya. Ada beberapa dari mereka yang sudah menerapkanya.

Yuk, temukan cara termudahmu untuk menghafal ungkapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris, lalu praktikan dalam keseharianmu!

Sebagian Kartu "Daily Expression"


Pare, 02 Oktober 2016

1 komentar:

  1. Wah, bagus nih buat media pembelajaran... Bisa diterapkan ke anak SD juga.. Great technique!

    BalasHapus

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...