Minggu, 01 Februari 2015

Coming Soon for Wiyata Bhakti 2015



Berasa baru kemaren agenda wiyata bhakti ini di laksanakan, eh sekarang udah persiapan lagi buat agenda tahun ini..cepet banget yaaa..Untuk mempersiapkan agenda ini kami berusaha untuk mempersiapkan dengan sebaik-baik nya. Sudah hampir 2 bulan lebih kiranya waktu yang kami gunakan untuk persiapan, seperti survey tempat, pendaftaran volunteer, microteaching, dll. Dan saat-saat ini adalah waktu yang sudah mendekati hari H, kurang 5 hari lagi…tepatnya tanggal 8 februari kita sudah mulai menjalankan agenda itu. Waktu yang kami kami buat untuk mempersiapkan agenda membuat waktu mudik saya berkurang. Rumah saya yang terlalu jauh kirannya sulit untuk bolak-balik kesana kemari. Tapi taka pa … ini sudah menjadi konsekuensi saya. 

Wiyata bhakti adalah agenda rutin tahunan yang di adakan oleh HMJ TBI. Bentuk dari kegiatan ini berupa latihan pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Kami akan belajar berbagi ilmu yang telah kita dapatkan selama ini, terutama dalam bahasa inggris, sekaligus kami akan belajar mengabdikan diri kita kepada masyarakat. Bentuk pengabdian yang akan kami lakukan disana nanti salah satunya adalah berupa bhakti sosial. Untuk wiyata bhakti tahun ini kami adakan di YPP Qomarul Huda Tugu Trenggalek. Setiap tahunnya kami mengadakan agenda ini di sebuah yayasan pondok pesantren. Kami memilih YPP  karena sesuai dengan background sekolah kami, yaitu di bawah naungan agama. Jadi setidaknya selain kami mengajar, hitung-hitung ya cari pengetahuan tentang ke agamaan gitu. Selain itu, yayasan bagi kami akan memberikan kemudahan kepada kita dalam pelaksanaanya, sekolah dan asrama sudah tersedia dalam satu tempat yang sama, tidak perlu wira-wiri lagi cari tempat penginapan.

Kegiatan wiyata bhakti ini akan di laksanakan selama dua minggu, tanggal 8 hingga 23 Februari 2015. Siswa yang akan kami ajar di yayasan itu mulai dari MI hingga Aliyah. Ada 60 anak yang akan berangkat kesana, termasuk panitia dan relawan pengajar. 

Di sana nanti kami akan belajar tentang banyak hal, kebersamaan dan hidup yang sederhana itu sudah pasti … bisa kita bayangkan hidup di pondok itu seperti apa. Selain itu kita juga akan belajar bagaimana menjadi seorang pengajar yang baik, misalnya saat ada anak-anak yang sangat hyperactive, apa yang yang harus di lakukan oleh guru, dll. 

Harapan yang kita inginkan setelah kita melakukan wiyata bhakti itu adalah berupa perubahan yang baik yang nampak pada  masyarakat di sana, khususnya berdampak baik pada siswa yang kita ajar.

Semoga agenda ini berjalan sukses, lancar, dan tentunya .bermanfa’at, Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...