Jumat, 19 Oktober 2018

SEBOTOL JAMU RACIKANKU

Sebotol Jamu Racikanku


Tadi malam aku punya keinginan meracik jamu tradisional berbahan dasar kunyit. Kunyit yang baru saja dipanen dari kebun oleh nenekku menyita perhatianku. Segera saja aku mengeksekusinya. Sudah lama sebenarnya punya keinginan membuat jamu sendiri, tapi belum juga kulakukan. 

Selama ini ketika ada tetangga yang menggendong jamu lewat depan rumah, aku selalu membeli. Satu botol air mineral ukuran tanggung biasanya dihargai Rp 5000. Agar lebih hemat aku sering mengantar kunyit ke rumahnya untuk dibuat jamu. Dengan begitu harganya sedikit lebih murah.


Jamu memang minuman yang sangat tradisional, namun kaya manfaat. Bahannya yang alami tentu saja juga menyehatkan dibandingkan dengan minuman-minuman dari pabrik. Mungkin tidak semua orang suka minum jamu. Aku suka minum jamu karena rasanya khas dan segar. Apalagi jika jamu itu sudah dikasih es. Bahkan aku pernah menjumpai es jamu disediakan di warung makan, seperti es beras kencur dan es kunyit asam. Pastinya itu menjadi minuman andalanku.


Tidak banyak bahan yang kupakai untuk membuat sebotol jamu tersebut, diantaranya:


¼ kg kunyit; 

2 ons gula merah;  

2 sdm gula pasir;  

3 sdm air asam jawa;

 1 sdt garam; 

5 gelas  air matang.

Sebelum diparut, tentu saja kunyit aku kupas dan cuci terlebih dahulu. Agar parut tidak lengket dengan kunyit, aku lapisi parut dengan daun pisang. Dan agar tidak bernoda kuning, tangan kulapisi dengan kantong plastik. Setelah kunyit selesai diparut, aku campurkan semua bahan, lalu dimasak hingga mendidih. Setelah matang, ramuan jamu disaring untuk memisahkan ampas dengan airnya.


Setengah gelas ramuan jamu kuberikan kepada kakekku, setengah gelas untuk adikku, dan aku minum satu gelas penuh. Yang lainnya belum merasakan. Rasanya sedikit pahit, getar, dan kental. Sari kunyitnya sangat terasa. Wajar karena porsi kunyit jauh lebih banyak dari porsi gula. Sepertinya lebih manjur hehe.


Untuk sisanya aku tuangkan di botol sirup dan kutaruh di kulkas. Sangat pas kiranya diminum di siang yang terik setelah beraktivitas. Hitung-hitung untuk menghilangkan dahaga dan menambah stamina dengan minuman berkhasiat.


Panggul-Trenggalek, 20-10-2018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...