Sabtu, 07 Oktober 2017

PESONA DAMAI TAMAN NGRONGGO, KEDIRI




Sederhana, namun bukan berarti biasa-biasa saja. Menyaksikan raut wajah bahagia segerombolan anak kecil yang sedang bermain di bawah langit taman Ngronggo, Kediri memberikanku inspirasi tersendiri. Hatiku tiba-tiba berbisik, “Tempat yang sangat bersahabat.” 


Sederhana yang mereka lakukan, seperti menikmati wahana permainan: ayunan, papan seluncur, dll, bahkan hanya sekedar bermain kejar-kejaran. Lain halnya dengan yang dewasa, bagi mereka duduk-duduk bersantai sambil ngobrol atau makan dan menyaksikan anak-anaknya bermain menjadi kebahagiaan tersendiri. Bukan itu sudah umum dilakukan bagi setiap pengunjung taman, maka tak heran lagi? 


Oh tidak, aku merasa ada hal yang berbeda. Memang gobrol, makan-makan, menikmati wahana permainan anak itu sudah biasa dilakukan oleh pengunjung taman. Tapi, ketika mereka melakukan hal itu di tempat yang bersahabat akan terasa berbeda.

Apakah melihat sampah di tempat ini?

Tadi malam adalah kali pertama masuk ke taman yang berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Ngronggo Kota Kediri ini. Sebelumnya aku hanya lewat saja, tidak sampai bersinggah. Selepas sholat maghrib dan kebetulan badan ini terasa lelah karena perjalanan dari Tulungagung membuat diri ini ingin beristirahat sebentar. Akhirnya berhentilah di taman Ngronggo. 

Aku menyaksikan seorang Ibu yang sedang menyuapi kedua anaknya sambil bermain di taman yang bersahabat ini
Sesi curhat setelah kelas berakhir


Aku memang sudah sering ke taman, seperti taman alun-alun. Tapi, aku merasakan sesuatu yang damai di taman ini. Lokasinya tidak terlalu luas, namun begitu mendamaikan. Masuk di taman ini, aku langsung dibuatnnya kagum dengan rerumputan yang mengiasi pelataran taman. Hijau dan bersih. Aku tidak menemukan sampah satu pun disana. Bahkan daun-daun yang jatuh pun sedikit sekali. Benar-benar sangat bersih. 

Rerumputan yang tumbuh damai di taman Ngronggo, tanpa satu pun sampah yang mengganggu





Di setiap area taman, beberapa tong sampah diletakkan. Tong sampah bukan sekedar tong sampah, namun oleh pengunjung benar-benar difungsikan dengan sangat baik. Bahkan aku menyaksikan anak kecil yang membuang sampahya di tempat sampah. Ya, aku kagum saja dengan tempat ini, pengunjung setiap harinya sangat ramai, tapi tempat ini tetap bersih. Kebanyakan taman, misalnya di alun-alun banyak sampah bekas bungkus makanan yang berserakan dimana-mana. 

Taman Ngronggo di bawah langit malam

Aku duduk di gazebo taman dan menikmati damainya malam. Taman ini selain bersih juga sangat tenang. Meskipun pengunjung banyak, suasana tidak riuh. Ditambah dengan iringan musik lama Tetty kady yang diputar tidak terlalu keras. 


Tidak ada setengah jam aku duduk disana, karena keburu malam. Meskipun hanya sebentar, namun rasa lelahku perlahan hilang, karena terobati dengan pesona damai taman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...